Kamis, 12 Januari 2012

Pedati Nusantara XI Hadirkan Bukittinggi Tempo Doeloe



Bukittinggi-inioke. Memasuki sepekan perhelatan budaya, seni, pameran dagang dan industri atau yang dikenal dengan sebutan Pedati Nusantara XI tahun 2011, masih terlihat ramai dikunjungi oleh pengunjung. Tidak hanya berasal dari Bukittinggi, pengunjung juga berasal dari daerah tetangga seperti Payakumbuh, Padangpanjang, Tanah Datar dan juga Padang serta beberapa kota yang menampilkan kesenian daerahnya.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini menampilkan beberapa kesenian dan budaya daerah yang ada di Sumatera Barat. Selain itu, kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI ini juga menampilkan stand atau tempat untuk memaerkan ber bagai kerajinan, barang-barang serta pameran foto, salah satunya stand foto yang menampilkan Kota Bukittinggi tempo doeloe.

Stand ini berdiri di sebelah kanan panggung utama dengan menampilkan koleksi foto-foto Kota Bukittinggi dari masa ke masa. Foto Jam Gadang yang dibangun pada masa Belanda serta keadaan Pasar Atas Bukittinggi tempo doeloe. Dengan demikian, pengunjung diajak untuk menikmati keadaan Kota Wisata pada masa lalu.

Salah satu pengunjung mengungkapkan bahwa sebelumnya dirinya idak mengetahui bentuk bagian atas Jam Gadang seperti apa dahulunya. Namun, setelah mengunjungi pameran foto yang menampilkan wajah kota Bukittinggi tempo doeloe akhirnya tahu.

"Sebelumnya saya tidak tahu bentuk bagian atas Jam Gadang. Tapi setelah melihat fotonya, saya menjadi tahu kalau ternyata Jam Gadang tempo doeloe bercorak seperti bangunan Belanda dan bukan seperti Rumah Adat seperti adanya saat sekarang ini, " ungkap salah seorang pengunjung yang tercatat sebagai mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Bukittinggi. (inioke)

0 komentar:

Posting Komentar